SELAMAT DATANG DIWEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA | Antrian Sidang bisa diakses melalui smartphone klik DISINI | Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) bisa diakses DISINI | Untuk Akses Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) klik DISINI
» Aspirasi » SURAT PERJANJIAN KAWIN ADAT DAYAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA ISLAM DI INDONESIA
SURAT PERJANJIAN KAWIN ADAT DAYAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA ISLAM DI INDONESIA

ARTIKEL HUKUM PERDATA ISLAM SURAT PERJANJIAN KAWIN ADAT DAYAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA ISLAM DI INDONESIA *)

Oleh : Dra. St. Murahmi, M.H.

PENDAHULUAN

Dalam masyarakat hukum adat dayak masih ada yang memegang teguh adat istiadat leluhurnya dalam melaksanakan suatu pernikahan, sehingga selain dilaksanakan menurut hukum agama juga dilaksanakan tata cara menurut adat yang sebagian besar merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan dalam suatu komunitas yang menempati wilayah di pulau Kalimantan.

Tidak semua orang dapat melaksanakan pernikahan secara adat karena dianggap sebagian besar masyarakat sangat memberatkan bagi pihak keluarga yang ingin mempersunting / melamar calon isteri dari suku / clan dayak tersebut karena harus mempunyai kesanggupan untuk memenuhi beberapa persyaratan sebelum akad nikah dilaksanakan berupa Surat Perjanjian Kawin Adat Dayak yang harus ditanda tangani oleh calon mempelai beserta saksi-saksi dari kedua belah pihak yang melangsungkan perkawinan tersebut.

Di sisi lain Hukum Perdata Islam yang dimaksud adalah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan Jo. Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 dan Kompilasi Hukum Islam merupakan aturan atau ketentuan perkawinan yang berlaku di Indonesia dan bagi para pihak yang ingin melangsungkan perkawinan sudah cukup mengatur adanya perjanjian perkawinan tersebut.

Bahwa ingin sekedar mengetahui fungsi Surat Perjanjian Kawin Adat Dayak yang seringkali dibuat sebelum pelaksanaan perkawinan dilangsungkan oleh kedua mempelai  maka  Penulis mencoba membahasnya menurut tinjauan Hukum Perdata Islam di Indonesia.

Baca selengkapnya . . ARTIKEL HUKUM PERDATA ISLAM

Terimakasih telah membaca Aspirasi - SURAT PERJANJIAN KAWIN ADAT DAYAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA ISLAM DI INDONESIA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1B Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti
*

Maps PA Palangka Raya
Lihat Selengkapnya
Alamat Kantor PA P. Raya

Pengadilan Agama Kelas 1B Palangkaraya

Alamat : Jl. Kapten Piere Tendean No. 2 Palangkaraya (73112)
Em@il : admin@pa-palangkaraya.go.id
pa_palangkaraya@yahoo.co.id
Telp. : (0536) 3221289
Fax : (0536) 3221289