Sabtu, 24 Oktober 2020
» Berita » APEL  SENIN DIAWAL TAHUN BARU 2017 PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA
APEL  SENIN DIAWAL TAHUN BARU 2017 PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA

1

Mengawali kegiatan rutin pada awal tahun baru 2017 yaitu apel pagi setiap hari Senin di Pengadilan Agama Palangka Raya dalam rangka penegakan disiplin bagi aparaturnya dilaksanakan pada tanggal 09 Januari 2017, pukul 07.30 Wib sampai selesai,  bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Palangka Raya Jalan A.Yani No. 95 Palangka Raya, acara tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat structural maupun fungsional, para Hakim dan karyawan-karyawati dengan Pembina Upacara Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya, Drs.H.Mahbub, A, M.H. I., sedangkan yang bertugas sebagai Komandan Upacara tenaga honorer bernama Ahmad Basuni dan MC pada hari itu adalah Hj.Mursitin, S.H., serta untuk Pembaca Doa adalah Muhammad Ikhwan, S.Ag., S.H., M.H.

4

Acara berlangsung khidmat dari awal sampai akhir, dan yang sempat digaris bawahi dalam amanat dari Pembina Upacara ada beberapa hal, yang berkaitan dengan disiplin dan semangat kinerja pada tahun 2017 ini kalau dapat lebih ditingkatkan lagi dibandingkan pada tahun 2016, disamping itu pula disampaikan informasi hasil pertemuan Rakor di Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya pada akhir Desember 2016 yang lalu bahwa akhir-akhir ini Pengadilan Agama di seluruh Indonesia baik tingkat pertama maupun tingkat banding sedang disoroti oleh masyarakat atau para pihak pencari keadilan berkaitan dengan wibawa hukum dan azas persamaan dalam hukum serta kebersihan kantor pengadilan.

Lebih lanjut dituturkan oleh Mahbub panggilan akrab Bapak Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya, bahwa wibawa hukum berhubungan dengan aspek etika Majelis Hakim dalam bersidang baik dari segi pakaian maupun dari gaya bicaranya/prilaku/tata krama terhadap para pihak yang berperkara, sedangkan azas persamaan dalam hukum lebih dititikberatkan pada mendengarkan kedua belah pihak yang berperkara dalam arti tidak memihak baik dari pertanyaan yang diajukan maupun kesempatan yang diberikan kepada para pihak/kedua belah pihak di ruang sidang untuk mengungkapkan perkaranya secara detail. Jangan ada perasaan sedikitpun dari para pihak/kedua belah pihak bahwa mereka disepelekan dalam acara persidangan oleh Majelis Hakim.

Hal ketiga yang beliau sampaikan adalah tentang kebersihan kantor bahwa  kebersihan itu sebagian dari iman oleh karena itu harus selalu dijaga untuk menunjang kewibawaan hukum seperti tersebut di atas, yang tentu saja dimulai dari diri sendiri pada area meja/ruang kerja maupun di luar ruangan dengan suasana yang bersih dan tertata rapi akan membuat asri lingkungan kantor pengadilan pada umumnya. Untuk masalah kebersihan lingkungan kantor tentu saja melibatkan tenaga honorer yang perlu diperhatikan insentifnya dengan optimal kerja yang seimbang untuk beban kerja yang diberikan pada mereka. Demikian amanat yang beliau sampaikan mengawali tahun baru 2017 selaku Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan oleh bawahannya di tahun baru 2017 ini. (By. Mirza Wanaravitri/St.M).

Terimakasih telah membaca Berita - APEL  SENIN DIAWAL TAHUN BARU 2017 PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*