Minggu, 14 April 2024
» Berita » Membangun Sinergitas Bersama untuk Peningkatan Pelayanan Publik
Membangun Sinergitas Bersama untuk Peningkatan Pelayanan Publik
  

www.pa-palangka Raya.go.id | Selasa, (28/03/2023)

Setelah dilantik pada tanggal 20 Februari 2022 yang lalu Andi Murji Machfud, S.H., M.H. menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya menggantikan Totok Bambang Sapto Dwijo. Sebelumnya Andi Murji Machfud menjabat sebagai Kabag Pemantauan Dan Evaluasi Pada Biro Perencanaan Jambin. Sedangkan Totok Bambang Sapto Dwijo dimutasi menjadi Kepala Subdir Keuangan Dan Kekayaan Negara Pada Dir Ekonomi Dan Keuangan Jam Intel. Selasa (28/03/2023) ditengah kesibukan sebagai Kajari yang baru, Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya melakukan kunjungan dan silaturrahmi ke Pengadilan Agama Palangka Raya. Dalam kunjungan tersebut Kajari diterima langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Drs. H. Alpian, S.H., M.H.I. dengan didampingi Wakil Ketua Siti Fadiah, S.Ag., M.H., Panitera Hamidi, S.H. dan Sekretaris Misran, S.H.

“Kita ini sama-sama penegak hukum, hanya kewenangan yang berbeda, kami bermaksud bagaimana kita sama-sama mensinergikan program dan kegiatan baik di Pengadilan Agama maupun di Kejaksaan, kami mempunyai program dan kegiatan “Jaksa Menyapa” Inovasi Sadar Hukum nanti kita sama-sama memberikan pencerahan kepada masyarakat sesuai tugas dan fungsi kita masing-masing, kemudian bagaimana kami dapat mengetahui terhadap perkawinan yang ada pelanggaran hukum positifnya, karena kami Kejaksaan dapat mengajukan pembatalan perkawinannya, bagi yang muslim ke PA dan bagi yang non muslim ke PN.”Ujarnya.

Selanjutnya Ketua PA Palangka Raya Drs. H. Alpian, S.H., M.H.I. menyambut baik kunjungan dan silaturrahmi Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya. Pasca perubahan Undang-undang Perkawinan terkait usia perkawinan, perkara dispensasi kawin agak meningkat, perubahan Undang-undang itu dimasyarakat masih banyak yang belum mengetahuinya, sehingga program “Jaksa Menyapa” tentu menjadi sebuah media yang tepat untuk mensosialisasikannya, tidak jarang kedua mempelai sudah 100% persiapan dan sampai di KUA ditolak karena alasan belum memenuhi usia menurut Undang-undang Perkawinan. Kemudian dari itu selama ini menjadi sebuah pemikiran kami, bagaimanan salah satu pihak yang berperkara di PA dimana salah satu mereka berstatus sebagai tahanan Kejaksaan/Rutan/Lapas bagaimana menyangkut hak-hak keperdataannya agar dia bisa mengikuti sidang perceraiannya di Pengadilan Agama.

“Nah hal ini menarik, jadi kunjungan kami ini tidak sekedar silaturrahmi biasa akan tetapi banyak hal yang bisa didiskusikan bersama, bagaimana kita sama-sama bersinergi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Palangka Raya, reformasi birokrasi ini telah berjalan dengan sangat baik, reformasi birokrasi itu tidak berjalan sendiri-sendiri, akan tetapi ada kerjasama keterkaitan, sinergitas antar sesama Lembaga dalam upaya optimalisasi pemberian layanan publik kepada masyarakat, kendati belum dibuat MoU/PKS apabila ada perkara yang berhubungan salah satu pihak berstatus tahanan Kejaksaan tanpa menunggu itu, mari kita saling berkoordinasi akan ada jalan terbaiknya.”Ujar Andi sapaannya.

Terimakasih telah membaca Berita - Membangun Sinergitas Bersama untuk Peningkatan Pelayanan Publik. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*