Sabtu, 24 Oktober 2020
» Berita » “ RIDLO “ MASUK PA PALANGKA RAYA
“ RIDLO “ MASUK PA PALANGKA RAYA

www.pa-palangkaraya.go.id

Bukan Ridho Rhoma pelantun lagu kerinduan yang masuk ke Pengadilan Agama Palangka Raya, melainkan hanya sebuah kemiripan nama saja. Gelombang mutasi kembali terjadi di Pengadilan Agama Palangka Raya hal ini didasarkan oleh Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI tanggal 9 Desember 2013 Nomor : 2312/DjA/KP.04.6/SK/XII/2013 dan Nomor : 2497/DjA/KP.04.6/SK/XII/2013 kali ini yang datang Bapak Moh. Mahin Ridlo Afifi, S.H.I yang sebelumnya Hakim pada Pengadilan Agama Badung Kelas II dan yang pergi adalah Bapak Drs. Sinwani, S.H., M.M yang telah bertugas di Pengadilan Agama ini kurang lebih 2 tahun 26 hari yang mendapat promosi menjadi orang nomor 2, yakni menjadi Wakil Ketua di Pengadilan Agama Sangatta.

Usai dilantik (27/01/2014) oleh Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Bapak Drs. H. Mahbub A., M.H.I. dalam perkenalannya secara singkat Moh. Mahin Ridlo Afifi, S.H.I mengatakan untuk nama panggilannya bisa dipanggil Mahin atau bisa juga Ridlo, tapi menurutnya mungkin lebih enak dipanggil ridlo saja “ujarnya, karena nama itu sudah terkenal ujarnya (Ridho Rhoma) maksudnya sambil bercanda. Sebelumnya saya pernah bertugas dibeberapa tempat seperti Gorontalo, Kupang dan Badung.

Sementara itu Bapak Drs. Sinwani, S.H., M..M. dalam pengantar alih tugasnya mengatakan bahwa pada hari ini kita patut bersyukur karena dapat bersama-sama mengikuti acara Pelantikan Bapak Moh. Mahin Ridlo Afifi, S.H.I sebagai Hakim di Pengadilan ini, orangnya masih muda, energik, semoga dapat menjadi kekuatan dan meningkatkan kualitas Pengadilan Agama ini. Memang beberapa waktu yang lewat saya menerima Surat Keputusan tentang mutasi saya, sangat tidak disangka dan diluar dugaan saya harus kembali mengalami mutasi, kurang lebih 2 tahun 26 hari saya mengabdikan diri di Pengadilan ini, kali ini harus keluar lagi, selama kurun waktu tersebut seandainya ada kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan dengan suara yang terbeta-beta dan sesekali meneteskan air mata sekaligus mohon doa restu insya Allah tanggal 30 Januari ini akan dilakukan pengambilan sumpah dan pelantikan di Sangatta. “Ujarnya. Dengan mengharap doa semoga saya dapat melaksanakan tugas ditempat yang baru dengan sebaik-baiknya, kendati kalau dibilang berat sangat berat. “Ujarnya. Saya juga mengucapkan terima kasih atas segala bimbingan, petunjuk dan arahan pimpinan pengadilan serta kerjasama rekan-rekan sekalian, karena ini yang membuat saya banyak lebih tahu.”ujarnya lagi.

Kemudian mewakili rekan-rekan yang ditinggalkan Drs. Najamuddin, S.H., M.H mengatakan selama kurun waktu 2 tahun 26 hari, rasanya buat kami semua waktu seperti itu sungguh tidak terasa, masih terasa singkat kebersamaan kita, karena hari-hari yang telah dilewati cukup menyenangkan, bergaul bersama pak Sinwani ujar Najam panggilan sehari-hari, kami turut mendo’akan kedepan lebih sukses lagi, ini kan hanya tinggal beberapa waktu lagi akan berubah status menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Sangatta, siapa tahu nanti akan kembali ke Pengadilan Agama ini menjadi Wakil Ketua ujar Najam mengikuti celetukan Kamaluddin Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Palangka Raya. Saya atas nama pribadi dan mewakili rekan-rekan sekalian, juga menyampaikan mohon maaf selama bergaul ditempat ini ada kesalahan dan kekhilafan. Dia menambahkan “Mutasi dan promosi seperti ini ujarnya adalah sesuatu yang sudah biasa, beberapa waktu yang lalu juga kita melepas rekan-rekan kita ada yang ke Tanjung, Banjarmasin, dan lain sebagainya artinya kita (Hakim) ini hanya menunggu waktu dan giliran saja, mudah-mudahan ujarnya giliran kita juga akan lebih baik lagi.

Sementara itu Ketua PA Palangka Raya Drs. H. Mahbub A., M.H.I. dalam sambutan pada acara pelantikan dan pelepasan tersebut mengucapkan selamat datang kepada Moh. Mahin Ridlo Afifi, S.H.I di Pengadilan Agama Palangka Raya, Hakim dengan usia yang masih muda serta ditambah pengalaman beberapa kali mutasi tempat kerja dari satu tempat ke tempat lain, mudah-mudahan pengalaman tersebut dapat ditelorkan ditempat ini. “Ujar Mahbub. Satu sisi saya merasa bersyukur dan bergembira kedatangan Moh. Mahin Ridlo Afifi, S.H.I tapi disisi lain saya juga merasa kehilangan dengan mutasinya pak Sinwani ini. “ujarnya, kendati tadi dijelaskan sedikit agak berat akan tetapi demi tugas yang mulia, amanah itu akan tetap dilaksanakan. Dulu sewaktu saya dimutasi menjadi Wakil Ketua PA Pelaihari, saya juga merasakan hal yang sama dan menilai itu sesuatu yang berat untuk pindah dan melaksanakan tugas tersebut, ditambah belum pernah mengenal wilayah tersebut, atas saran dan masukan rekan-rekan, akhirnya saya berangkat melaksanakan tugas tersebut. Hikmah apa yang didapat ? ditempat yang baru tersebut saya sedikit demi sedikit dapat mengumpulkan rezeki dan dapat berangkat melaksanakan ibadah haji ditempat itu ujarnya, kalau saja saya tidak berangkat, mungkin lain lagi ceritanya ujar Mahbub mengungkapkan pengalamannya. Karenanya insya Allah ditempat yang baru akan menjadi barokah ujarnya lagi. Amien…sambut orang-orang yang hadir pada saat itu. Sejenak melihat jam dinding Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya ini mengatakan sekarang sudah pukul 11.15 WIB hari ini tidak ada “kasulitan” atau dengan kata lain tidak ada yang dimakan dikantor. (“Kasulitan” adalah bahasa banjar sesuatu yang nempel disela-sela gigi) yang ada kasulitan hari ini ditempat mba Citra yang kebetulan ada acara Tasmiah dan aqiqah putranya. “Ujarnya sambil bercanda dan esok baru ada kasulitan di Kantor (makan-makan).

Dipenghujung acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Drs. H. Moklis – Wakil Panitera Pengadilan Agama Palangka Raya dengan terbersit kalimat sebagai berikut : 

“Ya Allah, Ya Qodiir, Dzat Yang Maha Kuasa
Dengan tiada terasa, masa tugas Bapak Drs. Sinwani, SH. MM sebagai Hakim di Pengadilan Agama Palangka Raya, secara resmi sudah selesai, kami sangat bangga dengan beliau, kami sangat banyak mendapat bimbingan dan arahan dari beliau, kami akan sangat kehilangan dengan kepindahan beliau. Oleh karena itu Ya Allah, jadikanlah acara perpisahan ini sebagai pelepasan secara formal semata, jadikanlah acara perpisahan ini sebagai perpisahan dalam makna organisatoris belaka, hati kami telah begitu menyatu dengan beliau, oleh karena itu Ya Allah…janganlah cerai beraikan hati kami, hanya karena berakhirnya masa tugas beliau di Pengadilan Agama Palangka Raya ini, kami mohon Ya Allah…, peliharalah persaudaraan dan kekeluargaan di antara kami dengan beliau. Jadikanlah pertemuan kami selama ini, pertemuan yang membawa kasih sayang, dan jadikanlah pula perpisahan setelah ini, perpisahan yang senantiasa terpelihara, sehingga tali silaturrahmi dan jalinan kasih sayang di antara kami, senantiasa terus terjaga…” (MSN)

 Berita Sebelumnya
Terimakasih telah membaca Berita - “ RIDLO “ MASUK PA PALANGKA RAYA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    1 Komentar
  1. Alfarizqie says:

    Selamat dan sukses buat Bpk Moh. Mahin Ridlo Afifi, S.H.I atas dilantiknya sebagai Hakim PA Plk Kelas IB dan selamat menjalankan tugas baru buat Bpk Drs. Sinwani, S.H., M.M sebagai Wakil Ketua PA Sangatta.

  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*