Kamis, 25 April 2024
» Berita » KASUBBAG KEPEGAWAIAN BERSAMA ANALIS PERKARA PERADILAN PA PALANGKARAYA MENGIKUTI SOSIALISASI PENETAPAN KEBUTUHAN CALON HAKIM
KASUBBAG KEPEGAWAIAN BERSAMA ANALIS PERKARA PERADILAN PA PALANGKARAYA MENGIKUTI SOSIALISASI PENETAPAN KEBUTUHAN CALON HAKIM
  

pa-palangkaraya.go.id | Kamis, 05 Oktober 2023

Kasubbag Kepegawaian PA Palangka Raya Suwondo, S.E. bersama Analis Perkara Peradilan Abiandri Fikri Akbar, S.H. dan Wandita Pramesthi, S.H. Analis Perkara Peradilan (CPNS) mengikuti Sosialisasi Penetapan Kebutuhan Calon Hakim secara daring melalui aplikasi zoom meeting di Media Center PA Palangka Raya pada Kamis, (5/10/2023). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia secara daring tersebut dipimpin oleh Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI Sugiyanti, S.H., M.H. dan diikuti oleh Panitera Mahkamah Agung RI serta Sekretaris, Pengelola Kepegawaian, Analis Perkara Peradilan Formasi Tahun Anggaran 2021 Ditjen Badan Peradilan Umum, Ditjen Badan Peradilan Agama, Ditjen Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara. Kemudian Sekretaris, Pengelola Kepegawaian, Analis Perkara Peradilan Formasi Tahun Anggaran 2021 Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia.

Pada pukul 10.00 WIB acara dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI Sugiyanti, S.H., M.H. dengan didampingi Plt. Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung RI Supatmi, S.H., M.H. Dalam sambutan Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI menyampaikan sosialisasi diselenggarakan sehubungan akan dilaksanakannya Seleksi Pengadaan Calon Hakim dari Formasi Analis Perkara Peradilan Tahun Anggaran 2021, dan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pengadaan Hakim. Selanjutnya beliau memaparkan pedoman pengadaan Hakim Tahun Anggaran 2023 meliputi: dasar hukum, ketentuan umum hingga maksud dan tujuan.

Dalam penetapan kebutuhan Hakim dalam Perma Nomor 1 Tahun 2021 menentukan bahwa pengadaan Hakim berasal dari PNS Mahkamah Agung dalam jabatan Analis Perkara Peradilan penetapan kebutuhan tahun 2021 dengan jumlah keseluruhan saat ini adalah 1.531. Adapun alokasi Pengadaan Calon Hakim berdasarkan lingkungan Badan Peradilan ditetapkan sebagai berikut: Peradilan Umum sebanyak 763, Peradilan Agama 602 dan Peradilan Tata Usaha Negara sebanyak 166. Untuk background Pendidikan analis perkara peradilan yang berasal dari UniversitasIslam Negeri/ Institut Agama Islam Negeri diarahkan untuk mendaftar sebagai Calon Hakim Pengadilan Agama. Kemudian untuk timeline pelaksanaannya mulai dari pendaftaran, Tahap seleksi (administrasi, psikotest, substansi hukum dan wawancara), Tahap penilaian (akumulasi dari hasil Psikotest, Tes Substansi Hukum dan wawancara) hingga Penetapan Kelulusan dan peserta dinyatakan lulus apabila memenuhi passing grade yang akan ditetapkan dan diurutkan berdadarkan ranking nilai dimulai dari urutan nilai paling tinggi sampai dengan jumlah formasi yang ditetapkan.”, Tutur Plt Sekretaris Mahkamah Agung RI.

Sosialisasi penetapan kebutuhan calon hakim ini juga menjadi wadah untuk menjawab pertanyaan dan beberapa hal yang mungkin muncul dipikiran para peserta terkait prosedur dan persyaratan seleksi dengan memberikan kesempatan untuk memengajukan pertanyaan sehingga para peserta memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tahapan seleksi yang akan dihadapi.

Plt. Sekretaris Mahkamah Agung pun menegaskan bahwa seleksi calon hakim dilakukan dengan ketat dan objektif dengan tujuan memilih individu yang memiliki kompetensi hukum yang kuat serta etika yang baik yang nantinya akan berperan penting dalam menjaga keadilan dan penegakan hukum di Lembaga peradilan.

Kegiatan sosialisasi penetapan kebutuhan calon hakim ini merupakan langkah awal yang penting dalam proses seleksi calon hakim yang akan dilaksanakan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan untuk memastikan proses seleksi berjalan lancar dan objektif.

Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar hingga selesai.

Follow juga akun Media Sosial PA Palangka Raya
Instagram : pa_palangka_raya
facebook : pengadilan agama palangka raya
youtube : PA Palangkaraya
#humasmahkamahagung #ditjenbadilag #pengadilanagama#pa_palangkaraya #pta_palangkaraya #B3Y

Terimakasih telah membaca Berita - KASUBBAG KEPEGAWAIAN BERSAMA ANALIS PERKARA PERADILAN PA PALANGKARAYA MENGIKUTI SOSIALISASI PENETAPAN KEBUTUHAN CALON HAKIM. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*