Rabu, 22 Mei 2024
» Berita » KMA Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Dirjen Badilag dan Dirjen Badilmiltun “Demi kepentingan inovasi jangan lantas mengorbankan kualitas putusan dan mempertaruhkan nilai-nilai keadilan”
KMA Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Dirjen Badilag dan Dirjen Badilmiltun “Demi kepentingan inovasi jangan lantas mengorbankan kualitas putusan dan mempertaruhkan nilai-nilai keadilan”
  

www.pa-palangkaraya.go.id | Senin, (18/03/2024)

Senin, (18/03/2024) Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Drs. H. Muchlis, S.H., M.H. sebagai Jabatan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama dan Marsma TNI Yuwono Agung Nugroho, S.H., M.H. sebagai Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara.

Mengawali sambutan ini, saya ingin menyampaikan selamat kepada saudara Drs. H. Muchlis, S.H., M.H. sebagai Jabatan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama dan Marsma TNI Yuwono Agung Nugroho, S.H., M.H. sebagai Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara yang baru saja dilantik pada hari ini. Semoga pelantikan bapak membawa berkah dan manfaat baik diri sendiri, keluarga, terutama bagi Lembaga peradilan Indonesia dalam langkah kelanjutan perwujudan visi misi dan program Mahkamah Agung dimasa yang akan datang. Saya yakin dan percaya saudara berdua merupakan sosok dan pribadi yang kredibel dan kompeten terpilihnya saudara adalah hasil perjalanan panjang setelah melewati uji kelayakan dan kepatutan selain berbekal kapasitas keilmuan dan intelektualitas saya yakin saudara juga ditempa pengamalan yang cukup dalam memimpin dan menjalankan roda organisasi khususnya dilingkungan hukum dan peradilan.

Kedudukan sebagai Direktur Jenderal pada organ Kesekretariatan Mahkamah Agung bukanlah Amanah yang ringan sebagai bagian penting dari supporting unit Mahkamah Agung pada pundak saudara terpikul tanggung jawab untuk membangun dan memajukan peradilan Indonesia dimasa depan ada ditangan saudara tersimpan kewenangan yang menjadi tumpuan keberlanjutan program-program strategis Mahkamah Agung dimasa yang akan datang khususnya dilingkungan peradilan yang saudara pimpin, oleh karena itu saya berpesan tunaikanlah amanat dari negara ini dengan sebaik-baiknya, sebagai umat yang beriman kita menyakini bahwa menjaga Amanah bukanlah sekedar tugas tetapi juga merupakan bagian integral dari keimanan kita kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya ““Tunaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan jangan engkau mengkhianati orang yang mengkhianatimu!” (HR. Tirmidzi).

Dalam kesempatan ini pula saya merasa perlu mengingatkan kembali tentang beberapa hal yang patut menjadi focus penting saudara selama menjalankan roda kepemimpinan, Pertama pentingnya inovasi dalam pelayanan peradilan perubahan yang terjadi begitu cepat ditengah Masyarakat untuk itu system peradilan harus senantiasa beradaptasi dengan perkembangan zaman seiring tuntutan Masyarakat yang semakan kompleks melalui inovasi pelayanan peradilan akan mampu mengimbangi arus perubahan bahkan berakselerasi lebih cepat dari kemajuan itu sendiri, inovasi bukanlah sekedar tentang penggunaan teknologi atau Pembangunan proses tetapi juga tentang menciptakan pendekatan baru yang efektif, efisien dan responsive terhadap kebutuhan Masyarakat, sejauh ini saya mencatat telah banyak inovasi yang telah diciptakan oleh Satuan kerja Peradilan baik yang berbasis IT dan digital maupun yang bersifat inovasi pelayanan hasilnya kita telah melihat bagaimana inovasi telah bekerja meningkatkan akses keadilan, mempercepat penyelesaian perkara, meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya serta mendorong transparansi dan akuntabilitas, namun perlu diingat dalam berinovasi kita juga harus tetap mematuhi ketentuan hukum yang berlaku terlebih terkait dalam penanganan perkara hendaknya kebijakan inovatif yang dibuat harus sesuai dengan aturan dan tidak melanggar ketentuan hukum acara, jangan sampai demi kepentingan inovasi lantas mengorbankan kualitas putusan dan mempertaruhkan nilai-nilai keadilan. Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk selalu berkolaborasi memadukan antara inovasi agar selaras dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Follow juga Akun Media Sosial Kita

Instagram : pa_palangka_raya
facebook : pengadilan agama palangka raya
youtube : PA Palangkaraya

humasmahkamahagung #ditjenbadilag #pengadilanagama #pa_palangkaraya #pta_palangkaraya #B3Y

Terimakasih telah membaca Berita - KMA Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Dirjen Badilag dan Dirjen Badilmiltun “Demi kepentingan inovasi jangan lantas mengorbankan kualitas putusan dan mempertaruhkan nilai-nilai keadilan”. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*