Senin, 10 Mei 2021
» Berita » PEMBERLAKUAN RUKHSAH PUASA RAMADHAN BAGI ODP DAN OTG PANDEMI COVID 19
PEMBERLAKUAN RUKHSAH PUASA RAMADHAN BAGI ODP DAN OTG PANDEMI COVID 19
  

PEMBERLAKUAN RUKHSAH PUASA RAMADHAN BAGI ODP DAN OTG PANDEMI COVID 19

Senin (26/4/2021), Tepat Pukul 08.15 WIB Pengadilan Agama Palangka Raya melalui Zoom Meeting melaksanakan Kultum Ramadhan secara virtual yang diikuti oleh seluruh ASN PA Palangka Raya begitu juga Para PPNPN PA Palangka Raya. Kultum  pada hari ini adalah Kultum Keempat yang  disampaikan oleh Ketua PA Palangka Raya Ibu Dra.Hj. Norhayati.,M.H. dengan pemandu acara oleh Bapak Akhmad Rapie berjalan dengan lancar dan para hadirin menyimak dengan seksama materi ceramah yang berkaitan dengan kewajiban berpuasa di Bulan Ramadhan.

Kultum Ramadhan kali ini mengusung tema Pemberlakuan Rukhsah puasa Ramadhan bagi mereka yang terpapar Covid 19 baik ODP/OTG.

Ramadhan merupakan Syahrul Shiyam di mana seluruh ummat Islam diwajibkan berpuasa kecuali mereka yang sedang sakit dan musafir sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al Baqarah ayat 183 dan 184. Rukhsah atau Dispensasi tersebut diberikan namun harus dibayarkan di luar Ramadhan tahun ini juga.

Secara gamblang dan jelas Ibu Dra.Hj.Norhayati memaparkan kebolehan/ pemberian rukhsah bagi mereka yang berstatus ODP/OTG dengan mengutip dan mempelajari pendapat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang diantaranya terdiri dari organisasi Muhammadiyah dan Nahdhatul Ulama.

Rukhsah ini diberikan terkait dengan azas dan hak kemanusiaan dalam memelihara diri (Hifzun Nafs) yang pada intinya menurut MUI terhadap mereka yang berstatus ODP/OTG namun merasakan kesehatannya tidak terganggu (merasa sehat aja) ada rukhsah untuk mereka apabila mendapatkan rekomended dari Dokter yang menangani Pandemi ini akan berpengaruh negative terhadap kesehatan yang bersangkutan jika melaksanakan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan.

Menutup tausiyahnya Ibu Ketua menghimbau agar  kita semua yang diberikan kesehatan dapat menggunakan momentum di bulan mulia  ini untuk  melakukan amal ibadah yang maksimal dengan harapan semua amal ibadah kita diterima dan kita mendapatkan keridhoan dan rahmat Allah serta tujuan akhir kita peroleh SurgaNya. Dan kawan- kawan yang sedang sakit atau dinyatakan sakit, semoga  cepat sehat dan pulih kembali sehingga dapat melaksanakan aktiftas secara normal. Aaamiin

Kemudian akhir kultum Ramadhan kali ini ditutup dengan lantunan doa sapu jagat oleh Ketua PA Palangka Raya dan ditutup acara ini dengan ucapan Hamdalah(Tim Redaktur PA.Plk-NA)

 

Terimakasih telah membaca Berita - PEMBERLAKUAN RUKHSAH PUASA RAMADHAN BAGI ODP DAN OTG PANDEMI COVID 19. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*