Selasa, 27 Oktober 2020
» Berita » PENERIMAAN MAHASISWA UMP PRAKTEK PERADILAN I DI PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA
PENERIMAAN MAHASISWA UMP PRAKTEK PERADILAN I DI PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA

Untuk memenuhi kalender akademik tahun 2016/2017 bagi Mahasiswa –Mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) Program study Al Ahwal Al Syakhshiyyah (AHS) pada semester genap (VI) yang salah satu mata kuliahnya adalah Praktek Peradilan I (PP I) yakni melakukan  praktek kerja lapangan di Pengadilan Agama Palangka Raya.

Demikianlah acara penerimaan mahasiwa(i) tersebut pada hari Senin tanggal 13 Maret 2017, pukul 08.00 WIB s/d selesai, bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Palangka Raya, di Jalan A. Yani No. 95 Palangka Raya yang telah diterima secara resmi di Pengadilan Agama Palangka Raya dengan suatu acara yang berlangsung singkat namun khidmat karena acaranya berlangsung sebelum sidang pada hari itu.

 1

Acara  pertama  diawali  pembukaan  yang  dipandu  oleh  Dra. St. Murahmi, M.H., yang bertugas sebagai MC sekaligus Pembimbing Praktek Peradilan I, yakni dengan bacaan basmalah yang dilanjutkan dengan sedikit kata pengantar,  yang memberikan informasi tentang kehadiran mahasiswa-mahasiswi tersebut sebanyak 13 orang yang didampingi oleh Dekan/Ketua Prodi/yang mewakili, yang mana mulai hari ini sesuai dengan jadwal sidang akan melaksanakan Praktikum/PKL atau PP I untuk observasi atau melihat langsung persidangan di Pengadilan Agama Palangka Raya dengan tenggat waktu selama 3 bulan ke depan yang dalam hal ini bertujuan untuk lebih memahami hukum acara peradilan agama maupun administrasi peradilan sesuai dengan buku pedoman yang telah disusun oleh Panitia Pelaksana/Tim Praktikum Peradilan I UMP.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Dekan/Ketua Prodi/yang mewakili dalam hal ini disampaikan oleh Bapak M. Tri Ramadani, M.Pd.I, yang menuturkan lebih banyak pesan dari Dekan agar mahasiswa-mahasiswi yang mengadakan Praktikum/PKL di Pengadilan Agama Palangka Raya ini supaya dapat menjaga nama baik almamater karena kerjasama yang dibina selama ini merupakan hal yang konstan bagi mahasiswa(i) yang sudah berada pada semester VI dan sudah lulus dalam mata kuliah Hukum Acara Perdata(Peradilan Agama) dan Administrasi Peradilan dimana akan dapat melihat secara langsung proses persidangan sehingga pada akhirnya dapat lebih memahami antara teori dan prakteknya. Disamping itu disampaikan salam dari Dekan yang pada hari ini seharusnya beliau hadir disini namun karena ada ujian tertutup disertasi di Kota Malang maka memberikan delegasi kepada pak Tri untuk mengantarkan mahasiswa(i) Praktikum di Pengadilan Agama Palangka Raya, yang mana pula tidak lupa diucapkan terima kasih atas nama Dekan kepada pihak Pengadilan Agama Palangka Raya yang telah bersedia menerima mahasiswa(i) untuk praktikum, memperdalam ilmu di sini.

 2

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya yang dalam hal ini diwakilkan kepada Bapak Drs. Nasrulloh, S.H., selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya, dimana beliau ucapkan selamat datang bagi mahasiswa(i) UMP yang mengadakan Praktikum/PKL di Kantor Pengadilan Agama Palangka Raya yang masih dalam kondisi gedung yang apa adanya karena gedung yang baru masih dalam tahap renovasi yang nantinya akan bertingkat 3 dan saat ini belum selesai pada saat mahasiswa(i) Praktikum di sini, namun kondisi tersebut tidak mengurangi semangat aparaturnya untuk berkarya/produktif dan berdedikasi menjadi lebih baik. Pak Nasrulloh lebih banyak berbicara tentang penguatan dan eksistensi Peradilan Agama yang dalam sejarahnya merupakan perjuangan umat Islam Indonesia yang diperoleh tidak dengan mudah sehingga berhasil diundangkan oleh Negara dalam hal ini Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 Jo. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 Jo. Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.  Oleh karena itulah mesti dipertahankan oleh generasi sekarang ini terutama mahasiswa(i) sebagai cikal bakal aparatur peradilan agama di masa depan. Disamping itu dituturkan beliau bahwa perkembangan Peradilan Agama saat ini sudah sedemikian majunya mengikuti Informasi Tekhnologi (IT) dimana menurut pengamat peradilan dari luar negeri (Australia) bahwa keberadaan Peradilan Agama adalah peringkat paling baik peradilan di Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan bertambahnya kompentensi Peradilan Agama di bidang Ekonomi Syariah yakni dengan dikeluarkan Peraturan Mahkamah Agung RI (Perma) Nomor 14 Tahun 2016 yang baru saja disosialisasikan kepada aparatur hukumnya sehingga untuk ke depannya dapat diterapkan bagi umat Islam Indonesia karena termasuk peradilan khusus di Pengadilan Agama seperti halnya Pengadilan Tipikor di Pengadilan Umum. Terakhir beliau berpesan kepada mahasiswa(i) yang Praktikum di Pengadilan Agama Palangka Raya supaya banyak membaca terutama hal-hal yang berkaitan dengan tahapan Hukum Acara karena  3 motto beliau ialah “ praktek adalah sebagus-bagus pembelajaran ” dan tholabul ‘ilmi faridhotun ‘alaa kulli muslimin wal muslimat minal mahdi ilal lahdi = menuntut ilmu itu wajib  bagi setiap muslim/muslimah sejak dari ayunan hingga liang lahat “ serta “ experience is the best teacher = pengalaman adalah guru terbaik “.

Acara diakhiri dengan doa yang disampaikan oleh salah seorang mahasiswa yang hadir bernama Rifansyah,  kemudian acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari Pembimbing Mahasiswa Praktek Peradilan I kepada  Wakil Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya yang telah menerima mahasiswa(i) pada hari ini dengan disertai petuah yang sangat bermanfaat yang mana sebagai tolok ukur keberhasilan mahasiswa(i)  ke depannya dan juga terima kasih kepada Pengantarnya yang mewakili Dekan UMP disertai ucapan Hamdalah dan bertemu kembali nanti saat berakhirnya Praktikum ini. Amin. (By.Mirza Wanaravitri/St.M).

Terimakasih telah membaca Berita - PENERIMAAN MAHASISWA UMP PRAKTEK PERADILAN I DI PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*