Selasa, 27 Oktober 2020
» Berita » PRAKTEK PERADILAN MAHASISWA UMP DI PA PALANGKA RAYA
PRAKTEK PERADILAN MAHASISWA UMP DI PA PALANGKA RAYA

ump

http://pa-palangkaraya.go.idPA.PALANGKARAYA. Sudah menjadi kalender     akademik   dari   perguruan   tinggi    swasta    Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dalam tiap semester VI (genap) akan mengadakan Praktik Peradilan I yang merupakan matakuliah bernilai 2 (dua) SKS.

Demikian pula untuk tahun akademik 2015/2016 bagi mahasiswa Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Agama Islam UMP akan melaksanakan Praktik Peradilan I bertempat di Kantor Pengadilan Agama Palangka Raya selama kurang lebih 2 (dua) bulan, yang pada hari Senin tanggal 21 Maret 2016 Pukul 09.00 WIB telah diterima oleh Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Palangka Raya di Ruang Ketua Pangadilan Agama Palangka Raya.

Dalam acara yang berlangsung singkat namun khidmat tersebut, telah dimintakan sambutan dari Ketua Panitia/Tim yang ditunjuk oleh Fakultas yakni Norcahyono, S.Pd.I, MHI dalam hal ini diwakili oleh Dra. St. Murahmi, M.H., sebagai Pembimbing, yang mana dalam kata pengantarnya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya dan Panitera Pengadilan Agama Palangka Raya telah meluangkan waktu dalam menerima mahasiswa Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Agama Islam UMP sebanyak 17 (tujuh belas) orang yang terdaftar dan terbagi dalam 2 (dua) kelompok A dan B. Disamping itu pula dimohonkan kepada Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya berserta semua unsure pimpinan baik dari pejabat struktural maupun fungsional untuk memberikan bimbingan dan arahan yang berkaitan dengan mata kuliah Praktik Peradilan I. Dalam kesempatan tersebut tidak lupa disampaikan permohonan maaf dari Ketua Panitia/Tim yang belum sempat bertemu namun menitipkan salam dan apabila terdapat kekurangan dalam pelaksanaan acara pengantaran Mahasiswa Praktik Peradilan I ini maka mohon dimaklumi karena kegiatan perkuliahan yang padat disatu sisi dengan koordinasi antar pejabat yang berwenang sehingga akhirnya pada hari H dapat terlaksana dengan lancar dan berharap ke depan kerjasama yang baik ini dapat terjalin secara harmonis.

Selanjutnya, acara sambutan dari Drs. H. Mahbub. A, M.HI selaku Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya, dalam sambutannya Mahbub berharap kepada lulusan dari UMP untuk tidak kalah bersaing dan jangan pernah merasa minder dengan lulusan  IAIN laiunnya, karena pada dasarnya kalau belajar secara baik dengan perjuangan yang maksimal tentu akan bernilai lebih baik karena siapa tahu dikemudian hari lulusan UMP dapat menjadi Hakim, Panitera ataupun pejabat/pegawai peradilan agama atau peradilan umum. Karena untuk menjadi Hakim saat ini dilihat dari beberapa faktor, antara lain tinggi badan yang memadai, lulus ujian komputer, lulus ujian tertulis dan lulus ujian psykotest. Lebih jauh Ketua PA memberikan masalah yang menurutnya bagus untuk dijadikan bahan dalam penulisan skripsi, yakni gambaran bagaimana kalau seorang laki-laki murtad menceraikan isterinya ?

Selanjutnya sambutan dari Kamaluddin, S.Ag Panitera Pengadilan Agama Palangka Raya, yang lebih menekankan tingkat kedisiplinan mahasiswa UMP yang mengambil matakuliah Praktik Peradilan I di Kantor PA Palangka Raya supaya dapat menyesuaikan diri dengan kegiatan penyelenggaraan Administrasi Perkara yang meliputi Penerimaan perkara, Register perkara, Keuangan perkara, Kearsipan perkara dan Laporan perkara. Disamping itu pula harus ikut kegiatan shalat berjamaah di mushalla khusus untuk sholat Dzuhur dan Ashar.

Acara terakhir adalah doa yang diminta untuk memimpin adalah salah seorang mahasiswa UMP bernama M. Fauzi, dalam doa seraya memohon kepada Allah SWT pemilik ilmu semoga apa yang dilakukan pada hari ini dan yang akan datang senantiasa mendapat berkah dunia akhirat.Amin. (St.M).

Terimakasih telah membaca Berita - PRAKTEK PERADILAN MAHASISWA UMP DI PA PALANGKA RAYA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*