Sabtu, 24 Oktober 2020
» Berita » SEMARAK RAMADHAN DI PA. PALANGKA RAYA
SEMARAK RAMADHAN DI PA. PALANGKA RAYA

http://pa-palangkaraya.go.id PA.PALANGKARAYA. Memasuki bulan suci Ramadhan 1436 H Pengadilan Agama Palangka Raya menyemarakan bulan Ramadhan tahun ini dengan berbagai macam kegiatan keagamaan, di antaranya dengan berbuka puasa bersama anak panti asuhan “Hidayatul Insan” Palangka Raya. Momentum ini dimanfaatkan oleh seluruh karyawan-karyawati Pengadilan Agama Palangka Raya untuk saling berbagi kepada mereka yang serba kekurangan, semangat untuk saling berbagi ini akan berdampak pada perilaku keseharian yang solider dan toleran terhadap sesama khususnya di lingkungan kerja yang membutuhkan perilaku saling tolong menolang. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Pengadilan Agama Palangka Raya (Kamis, 02 Juli 2015)

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Drs. H. Mahbub. A, M.HI menyatakan bahwa acara ini terlaksana atas dukungan dan kerjasama seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Palangka Raya, bahkan Mahbub menyampaikan ungkapan  terimakasih kepada seluruh panitia yang bahu-membahu untuk menata serta menghadirkan acara ini sehingga terlaksana dengan baik. Mahbub juga menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini adalah murni swadana dari para hakim dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Palangka Raya. Menurut Mahbub kegiatan semacam ini (baca : buka puasa bersama anak panti asuhan) akan menumbuhkan rasa peduli terhadap mereka yang belum beruntung serta mempererat tali silaturahmi antara pimpinan, para hakim dan seluruh karyawan-karyawati Pengadilan Agama Palangka Raya.

Selanjutnya sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya H. Helmy Bakri. SH., MH yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan apresiasinya kepada Pengadilan Agama Palangka Raya yang telah menunjukan rasa peduli terhadap sesama dengan melakukan buka puasa serta berbagi dengan anak panti asuhan. Helmy Bakri menambahkan bahwa bulan Ramadhan tidak lantas membuat kita menjadi malas tapi justru dengan bulan Ramadhan produktifitas dan kinerja kita menjadi lebih baik lagi, hal ini terlihat dari Garfik Kinerja SIADPA secara nasional pada Info Perkara Badilag yang menempatkan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya pada peringkat pertama, hal ini patut kita syukuri walaupun itu hanya untuk sehari, dengan harapan semoga prestasi ini bisa dipertahankan atau lebih baik lagi di luar Ramadhan.

Pada kesempatan tersebut Helmy Bakri juga menyampaikan 7 (tujuh) pesan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) dihadapan seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia di Jakarta, yakni :

  1. Tingkatkan pelayanan kepada para pencari keadilan.
  2. Benahi standar keamanan di gedung Pengadilan.
  3. Perhatikan kebersihan gedung Pengadilan.
  4. Jaga selalu kekompakan.
  5. Efektifkan penyelesaian perkara.
  6. Optimalkan bantuan panggilan melalui portal tabayyun.
  7. Agar PTA menyelenggarakan pelatihan-pelatihan.

 Acara kemudian dilanjutkan dengan Ceramah Agama yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Drs. H. Moh. Munawar, dalam tausyiahnya Munawar mengungkapkan sebuah hadist yang menyatakan “tidur orang yang berpuasa adalah ibadah” artinya tidurnya orang yang sedang berpuasa itu dinilai ibadah, apapun status hadist tersebut yang pasti kita kadang salah kaprah dalam memahaminya, sehingga kita pun akhirnya bermalas-malasan di bulan Ramadhan bahkan kita lebih senang tidur daripada melakukan amalan karena termotivasi dengan hadits tersebut. Padahal jika kita lebih cermat lagi memahaminya “tidurnya saja sudah bernilai ibadah” bagaimana kalau orang yang berpuasa itu “bekerja dan melakukan amalan-amalan lain” sudah barang tentu akan jauh lebih baik lagi. Ramadhan tidak lantas membuat kinerja kita menjadi menurun, tapi sebaliknya Ramadhan justru membuat kita lebih berprestasi. Imbuhnya.

 Lebih jauh  Munawar mengungkapkan ada banyak hikmah yang dapat kita petik dari pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan ini, antara lain :

 Sebagai sarana melatih disiplin dalam memamfaatkan waktu.

  1. Sebagai sarana untuk menyeimbangkan kepentingan dunia dan akhirat.
  2. Mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan dengan sesama muslim.
  3. Meningkatkan kepedulian pada sesama.
  4. Memperbaiki tujuan kita dalam beribadah.
  5. Semua kegiatan bernilai ibadah.
  6. Terhindar dari perbuatan yang akan menjerumuskan pada dosa.
  7. Melatih ketabahan.
  8. Melatih hidup sederhana dan hemat.
  9. Melatih agar senantiasa bersyukur atas limpahan nikmat-Nya.

Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya (Drs. H. Mahbub. A. M.HI) menyerahkan secara simbolis bantuan dari para hakim dan karyawan-karyawati PA Palangka Raya.

Setelah penyampaian ceramah agama oleh Drs. H. Moh. Munawar selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis santunan dari para hakim dan seluruh karyawan-karyawati Pengadilan Agama Palangka Raya kepada anak panti asuhan “Hidayatul Insan” dalam hal ini disampaikan oleh Drs. H. Mahbub. A. M.HI selaku Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya.

 

KPTA, Waka PTA dan Pansek PTA Palangka Raya berbaur dengan para undangan

Tidak terasa jam sudah menunjukan Pukul 17.29 WIB artinya waktu berbuka puasa untuk wilayah Kota Palangka Raya sudah sampai. Seluruh jamaah dan tamu undangan dipersilahkan menyantap menu buka puasa yang telah dipersiapkan oleh panitia, selanjutnya acara dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah dan makan malam bersama. (ikh).

Terimakasih telah membaca Berita - SEMARAK RAMADHAN DI PA. PALANGKA RAYA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*