Selasa, 21 September 2021
» Berita, Galeri Foto dan Video (Multimedia) » Semarakan Ramadhan 1442 H. PA Palangka Raya “Batamat Qur’an” yang Ke-4
Semarakan Ramadhan 1442 H. PA Palangka Raya “Batamat Qur’an” yang Ke-4
  

 

                                                  Ketua PA Palangka Raya Dra. Hj. Norhayati, M.H.

www.pa-palangkaraya.go.id | Jum’at, (07/05/2021)

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana Al quran diturunkan oleh Allah untuk Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Dan pahala membaca Al quran di Bulan Ramadhan tentu akan semakin berlipat, berbeda bila kita membacannya di luar Bulan Ramadhan. Turunnya Al quran diceritakan Allah dalam Surat Al-baqoroh ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)”

Allah memberikan pahala sebanyak 10 lipatan di tiap hurufnya bagi orang yang membaca Al quran. Pernahkah kita mencoba menghitung berapa jumlah huruf dalam ayat-ayat yang telah dibaca? Bayangkan jika satu ayat saja ada 100 huruf bila dikalikan 10 maka pahala yang didapatkan menjadi 1000 kebaikan. Kemudian dalam sebuah hadits disebutkan yang artinya “Barang siapa yang membaca Al quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu huruf dilipatkan semisal 10 kebaikan, aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”(HR. Tirmidzi).

 

Momentum Ramadhan 1442 H seperti ini tentu tidak ingin dilewatkan begitu saja. Seluruh Aparatur Pengadilan Agama Palangka Raya ambil bagian dalam menyemarakan Ramadhan 1442 H dengan melaksanakan ceramah agama setiap Senin dan Kamis setiap minggu, kemudian hari ini, Jum’at (0705/2021) melaksanakan kegiatan Batamat Qur’an untuk ke 4 kalinya dalam Ramadhan ini.

 

“Saya melihat semangat fastabiqul khairat kawan-kawan semua luar biasa, dalam kegiatan mengisi Ramadhan kali ini, semangat dalam melakukan kebaikan, setiap minggu Batamat Qur’an kita lakukan evaluasi pelaksanaan dan evaluasi dari sisi Makharijul Hurufnya oleh Ustadz H. M. Azhari, segala kekurangan kita, ketidaksesuaikan kita dalam melafalkan huruf-huruf Al-Qur’an hendaknya kita perbaiki, kita pelajari kembali, disini kan banyak guru-guru kita, seperti Ustadz Azhari, Buya Hamid, tidak ada kata terlambat dalam istilah belajar”Ujar Hj. Norhayati saat memberikan evaluasi pelaksanaan. (ms)

Terimakasih telah membaca Berita, Galeri Foto dan Video (Multimedia) - Semarakan Ramadhan 1442 H. PA Palangka Raya “Batamat Qur’an” yang Ke-4. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*