Kamis, 22 Oktober 2020
» Berita » DIRJEN BADILAG : Empat unsur pimpinan Pengadilan tidak boleh saling bersaing
DIRJEN BADILAG : Empat unsur pimpinan Pengadilan tidak boleh saling bersaing

dirjen1
http://pa-palangkaraya.go.id
 – PA.PALANGKARAYA. “Jum’at berkah”, itulah kira-kira kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan ungkapan kebahagian warga Pengadilan Agama Palangka Raya karena di sambangi oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Bapak Drs. H. Abdul Manaf, MH, betapa tidak, orang nomor satu di lingkungan Pengadilan Agama tersebut datang ke Palangka Raya beserta rombongan tidak secara khusus ke Pengadilan Agama Palangka Raya, namun kedatangan Pak Dirjen tersebut dalam rangka menutup kegiatan Pendidikan Calon Panitera Pengganti (CPP) yang diselenggarakan di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya.

Setibanya di Bandara Cilik Riwut Palangka Raya dengan menggunakan Pesawat Garuda  Pak Dirjen tidak langsung ke Hotel Luwansa tempat menginapnya maupun ke Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya tempat acara berlangsung, akan tetapi Pak Dirjen memilih terlebih dulu menuju ke Kantor Pengadilan Agama Palangka Raya untuk melakukan silaturrahim sekaligus bertatap muka dengan seluruh warga Pengadilan Agama Palangka Raya. Tepat pada pukul 08.00 WIB Pak Dirjen tiba di Pengadilan Agama Palangka Raya dan secara khusus Pak Dirjen disambut langsung oleh Drs H. Mahbub, A. M.HI dan Drs. H.M. Gapuri, SH., MH selaku Ketua dan Wakil Ketua dengan didampingi oleh Panitera  dan Sekretaris, para hakim serta seluruh karyawan (ti) Pengadilan Agama Palangka Raya, Jum’at (03/06/2016).

dirjen2
Nampak Pak Dirjen didampingi langsung oleh KPTA Palangka Raya dan KPA Palangka Raya saat berada PA Palangka Raya

Kedatangan Pak Dirjen ke Pengadilan Agama Palangka Raya didampingi langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya H. Helmi Bakri, SH.,MH beserta para pejabat struktural yang ada dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Setibanya di Pengadilan Agama Palangka Raya Pak Dirjen tidak melakukan pertemuan secara formal, namun Pak Dirjen lebih memilih untuk berkeliling dan memasuki setiap ruangan serta berdialog dengan pegawai yang ada diruangannya masing-masing. Hampir seluruh ruang yang ada di Pengadilan Agama Palangka Raya tidak luput dari pantauan Pak Dirjen.

dirjen3
Pak Dirjen sedang memantau langsung pemanfaatan SIPP serta melakukan dialog dengan tim IT Pengadilan Agama Palangka Raya

Beberapa ruangan yang menjadi perhatian Pak Dirjen, antara lain ruang IT, dalam kesempatan tersebut Pak Dirjen mencoba langsung penggunaan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) serta berdialog dengan operator IT Pengadilan Agama Palangka Raya, dalam arahan Pak Dirjen berharap agar Pengadilan Agama Palangka Raya menggunakan sistem terbaru ini secara maksimal, baik dalam pembuatan Berita Acara Sidang (BAS) maupun pembuatan Putusan/Penetapan, demi memberikan pelayanan yang lebih baik lagi pada masyarakat pencari keadilan.

dirjen4
Nampak Pak Dirjen sedang melakukan dialog dengan KPTA Palangka Raya, KPA dan WAKA PA Palangka Raya di ruang Kepaniteraan

Dalam kesempatan yang sama saat berada di ruang kepaniteraan Pak Dirjen mendapat penjelasan dari Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Drs. H. Mahbub. A M.HI bahwa dalam beberapa hari ke depan Pengadilan Agama Palangka Raya untuk sementara akan pindah kantor, karena kantor yang lama ini akan dilakukan renovasi yang anggarannya sudah masuk dalam DIPA tahun 2016 Pengadilan Agama Palangka Raya. Pak Dirjen berharap agar pembangunan gedung baru ini dapat berjalan sesuai dengan harapan dan yang lebih penting menurut Pak Dirjen “Jangan sampai aparatur yang ada di Pengadilan Agama Palangka Raya ini ikut-ikutan mengatur kontraktor, karena menurut Pak Dirjen kontraktor itu sudah ada yang mengaturnya, yakni Konsultas Pengawas.

dirjen5
Pak Dirjen Badilag bersama KPTA Palangka Raya, KPA dan WAKAPA Palangka Raya saat berada di ruang sidang Pengadilan Agama Palangka Raya Raya

Dalam kesempatan lain saat berada di ruang sidang Pak Dirjen menyatakan bahwa ruang sidang yang bersih adalah cerminan pelayanan yang baik kepada masyarakat, jangan sampai mereka yang datang ke Pengadilan ini merasa tidak nyaman karena pelayanan kita yang kurang maksimal. Secara khusus Pak Dirjen juga berharap agar “empat unsur pimpinan Pengadilan yang terdiri atas Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris tidak boleh saling bersaing”, seyogyanya pimpinan Pengadilan datang ke kantor tidak lantas langsung masuk ke ruangannya, namun lebih dulu bercengkrama dengan para karyawan (ti) yang lain, agar karyawan (ti) bisa menyampaikan keluh-kesah mereka kepada para pimpinannya. Jangan sampai persoalan di rumah di bawa ke kantor, seorang pimpinan haruslah mampu untuk menyelesaikan segala masalah anak buahnya dan bukan malah membuat masalah baru. Imbunya.

dirjen6
Pak Dirjen saat melihat langsung koleksi buku-buku yang ada ruang perpustakaan Pengadilan Agama Palangka Raya

Dan terakhir Pak Dirjen menuju perpustakaan yang berada lantai dua Gedung Pengadilan Agama Palangka Raya, dalam kesempatan tersebuk pak Dirjen sempat berdialog dengan petugas perpustakaan serta menanyakan beberapa buah judul buku yang menjadi koleksi di perpustakaan Pengadilan Agama Palangka Raya tersebut. Salah satu buku yang dicari Pak Dirjen adalah buku dengan judul “130 tahun Peradilan Agama dari serambi masjid ke serambi dunia” buku ini adalah buku yang paling inspiratif, karena di dalam buku tersebut menceritakan para pendahulu kita dan mereka yang berjasa terhadap lembaga Peradilan Agama ini.

dirjen7
Pak Dirjen saat berada ruang KPA Palangka Raya Pengadilan Agama Palangka Raya

Setelah hampir dua jam berada ada di Pengadilan Agama Palangka Raya Pak Dirjen beserta rombongan segera meninggalkan Pengadilan Agama Palangka Raya menuju ke kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya yang terletak di Jl. Cilik Riwut KM. 4,2 Palangka Raya tempat berlangsung acara Pendidikan Calon Panitera Pengganti berlangsung. Sebelum meninggalkan Pengadilan Agama Palangka Raya Pak Dirjen beserta rombongan berkenan untuk melakukan foto bersama unsur pimpinan dan segenap karyawan (ti) Pengadilan Agama Palangka Raya (ikh).

Terimakasih telah membaca Berita - DIRJEN BADILAG : Empat unsur pimpinan Pengadilan tidak boleh saling bersaing. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1B Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*