Selasa, 20 Oktober 2020
» Berita » JANGAN ADA GESEKAN ANTARA PANITERA DAN SEKRETARIS
JANGAN ADA GESEKAN ANTARA PANITERA DAN SEKRETARIS

 kpta-palangkarayaKetua PTA Palangka Raya H. Helmy Bakri,S.H.,M.H didampingi Ketua PA Palangka Raya Drs. H. Mahbub A., M.H.I sedang memberikan pengarahan

Adanya perubahan struktur di badan peradilan berdasarkan Peraturan MA No.7 Tahun 2015 yang memisahkan jabatan panitera dan sekretaris dimaksudkan agar tugas dan fungsi masing-masing bisa berjalan efektif dan efisien. “Jangan sampai menimbulkan gesekan, keduanya harus bisa bekerja sama dan saling bersinergi”, demikian disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, H. Helmy Bakri,S.H.,M.H saat melakukan pembinaan di Pengadilan Agama Palangka Raya, Selasa (5/01/2016) lalu.

Dijelaskan, baik panitera maupun sekretaris sama-sama berperan penting dalam rangka menunjang kelancaran tugas-tugas pengadilan, yaitu memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara. Panitera bertanggung jawab terhadap tugas-tugas kepaniteraan yang terkait dengan perkara, sedangkan tugas sekretaris berkaitan penggunaan anggaran (DIPA) dalam rangka menunjang tugas pengadilan. “Karena itu, keduanya harus bersinergi dan tidak boleh menonjolkan egoismenya”, ujar mantan Waka PTA Bandung ini seraya menambahkan sekretaris sebagai “orang baru” harus bisa menghargai jasa-jasa panitera/sekretaris terdahulu.

Sehubungan adanya belanja modal dalam DIPA PA Palangka Raya berupa pembangunan gedung  pada tahun 2016 ini, Ketua PTA Palangka Raya berharap agar proses pembangunan gedung tersebut dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, jangan ada penyimpangan. “Kalau ada masalah, segera dipecahkan bersama pimpinan PA, namun bila belum dapat dipecahkan silakan dikonsultasikan ke PTA Palangka Raya”, ujarnya.

Mengenai hal-hal yang menyangkut teknis yustisial, KPTA mengingatkan agar semua pihak bisa melaksanakan tugasnya secara profesional sehingga putusan yang dijatuhkan dapat diterima kedua belah pihak.

Acara pembinaan tersebut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, para pejabat struktural dan fungsional serta seluruh pegawai PA Palangka Raya (Ady)

Terimakasih telah membaca Berita - JANGAN ADA GESEKAN ANTARA PANITERA DAN SEKRETARIS. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1B Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*