Senin, 10 Mei 2021
» Berita » KHATAMAN AL QUR’AN SECARA VIRTUAL PA.PALANGKA RAYA
KHATAMAN AL QUR’AN SECARA VIRTUAL PA.PALANGKA RAYA
  

pa-palangkaraya.go.id   ||   Menyikapi semakin meningginya angka penularan virus covid 19 di Palangka Raya Pengadilan Agama Palangka Raya pada moment Ramadhan 1442 Hijriyah ini Jum’at, 30 April 2021 pukul 08.00 WIB mengadakan Khataman Al-Qur’an secara virtual. Acara dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan dan para honorer  PA Palangka Raya dengan Pemandu acara Misran, S.H.

Dalam sambutannya Ketua PA Palangka Raya menyatakan kegembiraannya atas kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan seperti Kultum Ramadhan dan tadarus Al Qur’an. Seperti halnya Khataman Qur’an kali ini adalah yang ketiga di bulan Ramadhan ini meskipun secara pribadi masing-masing telah banyak mengkhatamkan Al Qur’an di bulan suci ini.

Walaupun acara dilaksanakan secara daring/virtual namun tidak mengurangi rasa hikmat dan suasana Religius Khataman Al Qur’an tersebut. Satu persatu peserta membaca Surah dalam Al Quran yang diawali  Surah Ad Dhuha sampai Surah An Naas dengan berbagai macam lagu dan dengan memperhatikan Tajwid serta Makharijul Huruf  yang tepat. Kemudian Doa penutup Khatmil qur’an dibacakan oleh Drs. H. Abd. Hamid, S.H., M.H.I.

Setelah selesai pelaksanaaan Khatmil Qur’an dilaksanakan pembelajaran/ evaluasi bacaan qur’an oleh Nara Sumber Drs. H. M. Azhari, M.H. yang banyak memberikan pengetahuan tentang tata cara ilmu membaca Al Qur’an yang baik dan benar. Dalam mempelajari cara baca Al Qur’an kita harus memahami ilmu Tajwid dan Makharijul Huruf agar kita tidak salah dalam membaca Al Qur’an ketika harus berhenti (waqaf) atau bersambung (washal). Karena menurut beliau masih sering ditemukan orang yang salah membaca Al Qur’an pada saat harus berhenti atau harus bersambung. Oleh karena itu wajib bagi kita mempelajari ilmu Tajwid, Makharijul huruf dan Nahwu agar bacaan kita baik dan benar.

Pandemi tidak menjadikan ASN PA Palangka Raya surut untuk mengisi kegiatan di bulan suci ini dengan melakukan ibadah baik itu ibadah mahdhoh atau gairu mahdhoh. (Tim Redaktur PA.Plk)

Terimakasih telah membaca Berita - KHATAMAN AL QUR’AN SECARA VIRTUAL PA.PALANGKA RAYA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*