Sabtu, 24 Oktober 2020
» Berita » PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN 5 (LIMA) EKOR SAPI  DI PA PALANGKA RAYA
PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN 5 (LIMA) EKOR SAPI  DI PA PALANGKA RAYA

gbr1

http://www.pa-palangkaraya.go.id PA.PALANGKARAYA.

Bertempat di halaman parkir kantor Pengadilan Agama Palangka Raya, dilakukan penyembelihan hewan qurban berupa 5 (lima) ekor sapi, kegiatan penyembelihan ini dilakukan dalam rangka ikut menyemarakan syiar Idul Qurban 1436 H, serta berbagi dengan para dhu’afa dan fakir miskin. Penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan pada Jum’at 25 September 2015 M bertepatan dengan 11 Dzulhijjah 1436 H tepat pada Pukul 05.30 WIB. Acara berlangsung dalam suasana kekeluargaan karena dihadiri oleh seluruh pegawai dan tenaga honorer yang ada di lingkungan Pengadilan Agama Palangka Raya.

Nampak kesibukan panitia qurban dalam menangani hewan qurban yang baru disembelih

Penyembelihan hewan qurban selain memiliki nilai ibadah, berqurban juga mengajarkan kita untuk saling peduli, menanamkan ruh persaudaraan dan kebersamaan. Berqurban merupakan pengorbanan harta yang kita miliki untuk Allah, maka yang harus dikedepankan adalah bahwa berqurban tersebut berangkat dari ketakwaan kita kepada-Nya, bukan sekadar nilai dari hewan kurbannya. Sebagaimana yang digambarkan Allah SWT dalam firman-Nya, yang artinya : “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya Nya (Q.S. Al-Hajj (22) : 37).

Panitia sedang mensortir serta memisahkan daging-daging yang masih menyatu dengan tulang belulang 

Essensi dari ayat tersebut adalah bahwa menyembelih hewan qurban tidak sekadar penyembelihannya, karena bukan daging dan darah yang dapat menuai ridha Allah, karena Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Namun yang akan diangkat kepada-Nya adalah keikhlasan dan niat berqurban semata-mata karena Allah. Bukan karena ingin berbangga, riya (ingin dilihat), sum’ah (ingin didengar), atau hanya ikut-ikutan karena sudah menjadi tradisi dan kebiasaan dalam sebuah komunitas tertentu. Demikian pula halnya dalam ibadah yang lain. Sekiranya tidak dibarengi dengan niatan yang ikhlas dan taqwa, maka itu hanya seperti kulit luar yang tanpa isi, raga yang tanpa ruh. Naudzubillah min dzalik.

Panitia dan Ibu-ibu dharmmayukti karini Berbaur dengan penuh semangat memotong daging hewan qurban

Dalam sambutannya sesaat sebelum dilakukan prosesi penyembelihan hewan qurban Mohammad Mahin Ridlo Afifi, S.H.I selaku Ketua Panitia Qurban Pengadilan Agama Palangka Raya 1436 H, mengatakan bahwa hewan Qurban yang akan disembelih pada tahun ini mengalami peningkatan di banding tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 4 ekor sapi, sedangkan tahun ini panitia qurban akan menyembelih 5 ekor sapi, yang didapat dari 35 orang pegawai PA Palangka Raya termasuk hakim yang berqurban.

Sebagian ibu-ibu dharmayukti karini dengan asyik menimbang daging hewan qurban

Menurut Ridho daging qurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya terutama yang ada di sekitar lingkungan kantor Pengadilan Agama Palangka Raya. Nuansa kebersamaan dan kekeluargaan nampak mewarnai pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Pengadilan Agama Palangka Raya pada tahun ini, karena seluruh pegawai diikutsertakan dalam kepanitiaan tanpa kecuali, bahkan dalam pantauan panitia masing-masing sibuk mengurusi pemotongan, pembagian hingga kebersihan, sedangkan ibu-ibu dharmmayukti karini yang lainnya tidak kalah sibuk untuk mengurusi konsumsi dan menpersiapkan makan siang bersama.

 Nampak kesibukan panitia sedang mendistribusikan daging hewan qurban kepada masyarakat

Lebih lanjut Ridho mengungkapkan bahwa seluruh prosesi pemotongan hewan qurban dapat dilakukan dengan lebih cepat dari waktu yang telah ditargerkan oleh panitia, sehingga sebagian masyarakat sudah ada yang mengambil daging hewan qurban tersebut pada pukul 09.30 WIB, walaupun panitia sudah mengumumkan bahwa pengambilan daging hewan qurban dimulai pada pukul 13.00 WIB siang. Pada kesempatan tersebut Ridho menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras dan bersusah payah mensukseskan kegiatan tersebut.

Pada saat yang bersamaan Wakil Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Drs H.M. Gapuri, SH., MH yang menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan qurban hingga pendistribusian daging hewan qurban, berharap semoga tahun depan Pengadilan Agama Palangka Raya dapat kembali melaksanakan penyembelihan hewan qurban dan kepada mereka yang berqurban diberikan oleh Allah SWT keberkahan yang berlimpah, Imbuh mantan Ketua PA Kandangan ini menuturkan. (Ikh).

Berita Selanjutnya 
Terimakasih telah membaca Berita - PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN 5 (LIMA) EKOR SAPI  DI PA PALANGKA RAYA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    1 Komentar
  1. Qurban says:

    Barakallah kita sebagai umat Muslim melakukan qurban semoga banyak orang yang berkurban dan tahu tentang syariat dan cara melkukan qurban dengan benar

  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*