Rabu, 28 Oktober 2020
» Berita » SENAM JANTUNG SEHAT DI PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA
SENAM JANTUNG SEHAT DI PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA

up3

Bahwa setelah 4(empat) hari kerja dilanda kejenuhan, maka untuk mengatasinya dengan meregangkan otot-otot  bagi para pegawai di Pengadilan Agama Palangka Raya telah rutin hari Jumat pagi dilaksanakan olahraga bersama yang melibatkan unsure pimpinan, para Hakim, pejabat structural maupun fungsional dan seluruh karyawan karyawati baik yang tenaga honorer maupun pada level staf;

Demikian pada hari Jumat tanggal 24 Februari 2017, pukul 06.30 s/d selesai, bertempat di halaman kantor sementara di Jalan A.Yani No.95 Palangka Raya, aktifitas senam pagi pada hari itu diawali dengan Senam Jantung Sehat. Sebagai instruktur senam pada hari itu berjumlah 2(dua) orang, salah seorang biasa dipanggil ibu Dara, pemilik Sanggar Senam HLS yang beralamat di Jalan Lambung Mangkurat Palangka Raya, yang mana sempat Penulis ajak berbincang-bincang soal olahraga yang baru saja dilaksanakan sebagaimana tulisan berikut ini.

up2

Senam jantung sehat adalah olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan.

Di Indonesia, senam jantung sehat cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat sampai beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang. Durasi senam jantung sehat berkisar 30 menit. Didahului oleh pemanasan, tahap conditioning, dan diakhiri pendinginan. Pemanasan adalah mengkondisikan fungsi fisik dengan cara meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan mobilitas gerak persendian dan penguluran otot.

up

Tahap selanjutnya adalah conditioning terdiri dari bagian senam aerobik yakni gerak kontinyu ritmis (20 – 30 menit) dan bagian penguatan atau tahanan: berisi gerak melawan beban. Olahraga sangat perlu dan dibutuhkan oleh semua orang, apalagi mereka yang ingin jantung dan tubuhnya sehat. Tanpa kecuali dan tanpa pandang bulu. Olahraga yang dianjurkan untuk penderita dengan penyakit jantung adalah olah raga aerobik. Pengertian olahraga aerobik sendiri memang olahraga yang memacu kerja jantung secara bertahap untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya, guna memenuhi kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh.

Selanjutnya, olahraga ditutup dengan tahap pendinginan yakni gerakan yang melambat. Pendinginan mengembalikan fungsi fisik seperti keadaan awal secara bertahap yg ditandai dengan menurunnya suhu, berkurangnya keringat, frekuensi detak jantung kembali normal. Selamat berolahraga semoga selalu sehat walafiat, amin. (By.Mirza Wanaravitri/St.M)

Terimakasih telah membaca Berita - SENAM JANTUNG SEHAT DI PENGADILAN AGAMA PALANGKA RAYA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1A Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

*